Kegiatan Kepecintaalaman :
  • Pendakian gunung (Mountainnering)
  • Panjat tebing (Rock Climbing)
  • Penelusuran gua (Caving)
  • Arung Jeram (Rafting)
  • Konservasi lingkungan hidup
  • Search and Rescue (SAR)
Kegiatan Korps Suka Rela
Kegiatan Kemasyarakatan :
  • Bina desa
  • Akrab desa
Kegiatan Rutin :
  1. Diklat Dasar
    Setiap mahasiswa (semester 3 atau yang lebih rendah) yang berkeinginan menjadi anggota Himpas Vigneçvara harus mengikuti kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar. Kegiatan ini dibagi dalam dua sesi, yakni sesi forum dan lapangan. Pada sesi forum, setiap siswa akan diajarkan banyak hal yang menyangkut operasional maupun manajemen, seperti panjat tebing, penelusuran gua, arung jeram, hutan gunung, survival , baris-berbaris, teknik pembuatan laporan, dan sebagainya. Sedangkan pada sesi lapangan, setiap siswa akan mempraktekkan setiap materi yang telah diperoleh di sesi forum. Setiap siswa yang lulus akan dilantik dengan posisi anggota muda. Kegiatan Diklat Dasar biasa dilaksanakan sektar bulan September atau Oktober.
  2. Dies Natalis
    Kegiatan yang pada tujuannya untuk memperingati ulang tahun Himpas Vigneçvara yang berisi malam renungan, bazar, pameran kepecintaalaman, dan sebagainya.
  3. Job Training
    Kegiatan ini dipersiapkan bagi setiap calon pengurus agar nantinya mereka telah menguasai tugas dan tanggungjawab sebagai seorang pengurus.
  4. Diklat Lanjutan
    Sebagai kegiatan yang tidak terpisahkan dari Diklat Dasar, setiap anggota yang telah lulus Diklat Dasar diwajibkan mengikuti kegiatan ini sebagai sarana spesialisasi divisi dan pemantapan dalam bidang SAR.
  5. Diklat KSR
    Dilaksanakan setiap 2 tahun, dengan tujuan memantapkan kecakapan anggota dalam bidang pertolongan pertama, serta bekerjasama dengan PMI.
  6. Rapat Paripurna (RAPI)
    Rapat tahunan yang diadakan dengan tujuan untuk menilai laporan pertanggung jawaban pengurus, menetapkan garis-garis kebijaksanaan untuk pelaksanaan tugas, serta memilih Formatur dan Middle Formatur pengurus Vigneçvara.
Kegiatan Sub Organisasi (Sie) :
  1. Vigneçvara Intern Competition (VIC)
    Sebagai ajang mengadu kemampuan anggota Vigneçvara dalam kegiatan operasional, diadakan beberapa jenis lomba seperti rafting, out bond, climbing, dan sebagainya.
  2. Donor Darah
    Bekerjasama dengan PMI unit Kota Malang, menampung setiap niat tulus para mahasiswa dan dosen yang ingin mendonorkan darahnya. Diselenggarakan 3 kali dalam setahun/ bilamana diperlukan.
  3. Ekspedisi
    Salah satu program kerja besar dari sie operasi dan ditujukan khususnya bagi anggota muda, sebagai ajang untuk mengukur kamampuan operasional maupun manajemen yang telah diperoleh. Dilaksanakan sekitar bulan Januari - Maret setiap tahun.
  4. Seminar
    Sarana untuk membahas suatu topik yang aktual/ yang dirasa perlu untuk dibahas, disertai dengan ajang diskusi.
  5. English Day
    Suatu program yang dibuat dengan tujuan untuk melatih dan meningkatkan skill anggota dalam berbahasa Inggris. Diadakan sekali dalam seminggu, yakni pada hari Rabu.
  6. Presentasi
    Hampir setiap kegiatan operasional maupun manajemen di Vigneçvara diawali dengan presentasi, yang bertujuan untuk memaparkan kepada seluruh anggota mengenai perkembangan dari pelaksanaan kegiatan itu.
  7. Pengembaraan
    Sebagai salah satu syarat memperoleh nomor anggota vigneçvara (NAV), setiap anggota muda diwajibkan untuk mengikuti kegiatan ini.
Kegiatan Lainnya :
  1. Vigneçvara Wall Climbing Competition(VWCC)
    Kegiatan kompetisi panjat dinding berskala nasional ini telah diselenggarakan sebanyak 4 kali. Pertama pada tahun 1998, 2003, 2004 dan terakhir 2008 kemarin. Diikuti oleh para pemanjat dari berbagai kota dan dari unsur pelajar, klub, maupun umum.
  2. Temu Lomba Remaja (TELOR)
    Sebagai ajang mengadu keterampilan dan keahlian dalam hal pertolongan pertama pada kecelakaan, maka Vigneçvara mengadakan kegiatan ini. TELOR dibagi ke dalam beberapa kategori lomba seperti pertolongan pertama (PP), cerdas cermat (CC), halang rintang, karya tulis, dan sebagainya.
  3. Akrab Desa
    Bakti sosial ke desa binaan, baik dalam bidang pendidikan, pembangunan sarana dan prasarana sosial, keagamaan, dan sebagainya.
  4. Climbing Party
    Biasa diadakan sebagai sarana pengenalan RC kepada mahasiswa baru dan dilaksanakan selama masa awal perkuliahan hingga menjelang diklat dasar.
  5. Libavoss
    Liga Bola Voli Siswa se-Malang Raya. Pertandingan voli antar pelajar SMA dan sederajat yang telah dilaksanakan 2 kali dan mendapatkan apresiasi positif dari Walikota Malang
  6. vignecvara out bound competition ( VOC)
    kompetisi Outbound bertajuk Vignecvara Outbound Competition (VOC) dimulai di pelataran kampus STIE Malangkucecwara. Bisa jadi, kompetisi tersebut merupakan yang pertama di Malang, karena pesertanya berasal dari area Jawa Timur. Pada tahun 20011 dan 2015

0 komentar:

Posting Komentar